1.
Religius
Sikap dan perilaku yang patuh dalam
melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan
ibadah agama lain, serta hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
Indikator Sekolah
a. Merayakan hari-hari besar
keagamaan
b. Memiliki fasilitas yang dapat
digunakan untuk beribadah
c. Memberikan kesempatan kepada
semua peserta didik untuk melaksanakan ibadah.
Indikator Kelas
a.
Berdoa
sebelum dan sesudah pelajaran.
2.
Jujur
Perilaku yang
didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat
dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
Indikator
Sekolah
a.
Menyediakan
fasilitas tempat temuan barang hilang.
b.
Tranparansi
laporan keuangan dan penilaian sekolah secara berkala.
c.
Menyediakan
kantin kejujuran.
d.
Menyediakan
kotak saran dan pengaduan.
e.
Larangan
membawa fasilitas komunikasi pada saat ulangan atau ujian.
Indikator
Kelas
a.
Menyediakan
fasilitas tempat temuan barang hilang.
b.
Tempat
pengumuman barang temuan atau hilang.
c.
Tranparansi
laporan keuangan dan penilaian kelas secara berkala.
d.
Larangan
menyontek.
3.
Toleransi
Sikap dan tindakan yang menghargai
perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang
berbeda dari dirinya.
Indikator Sekolah
a. Menghargai dan memberikan
perlakuan yang sama terhadap seluruh warga sekolah tanpa membedakan suku,
agama, ras, golongan, status sosial, status ekonomi, dan kemampuan khas.
b. Memberikan perlakuan yang sama
terhadap stakeholder tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, status
sosial, dan status ekonomi.
Indikator Kelas
a.
Memberikan
pelayanan yang sama terhadap seluruh warga kelas tanpa membedakan suku, agama,
ras, golongan, status sosial, dan status ekonomi.
b.
Memberikan
pelayanan terhadap anak berkebutuhan khusus.
c.
Bekerja
dalam kelompok yang berbeda.
4.
Disiplin
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan
patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
Indikator Sekolah
a. Memiliki catatan kehadiran.
b. Memberikan penghargaan kepada
warga sekolah yang disiplin.
c. Memiliki tata tertib sekolah.
d. Membiasakan warga sekolah untuk
berdisiplin.
e. Menegakkan aturan dengan
memberikan sanksi secara adil bagi pelanggar tata tertib sekolah.
f.
Menyediakan
peralatan praktik sesuai program studi keahlian (SMK)
Indikator Kelas
a.
Membiasakan
hadir tepat waktu.
b.
Membiasakan
mematuhi aturan.
c.
Menggunakan pakaian praktik sesuai dengan program studi keahliannya
(SMK).
d.
Penyimpanan dan pengeluaran alat dan bahan (sesuai program studi
keahlian) (SMK).
5.
Kerja Keras
Perilaku yang menunjukkan upaya
sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar, tugas dan
menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
Indikator
Sekolah
a.
Menciptakan
suasana kompetisi yang sehat.
b.
Menciptakan
suasana sekolah yang menantang dan memacu untuk bekerja keras.
c.
Memiliki
pajangan tentang slogan atau motto tentang kerja.
Indikator
Kelas
a.
Menciptakan
suasana kompetisi yang sehat.
b.
Menciptakan
kondisi etos kerja, pantang menyerah, dan daya tahan belajar.
c.
Mencipatakan
suasana belajar yang memacu daya tahan kerja.
d.
Memiliki
pajangan tentang slogan atau motto tentang giat bekerja dan belajar.
6.
Kreatif
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk
menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
Indikator Sekolah
Menciptakan situasi yang menumbuhkan
daya berpikir dan bertindak kreatif.
Indikator Kelas
a.
Menciptakan
situasi belajar yang bisa menumbuhkan daya pikir dan bertindak kreatif.
b.
Pemberian
tugas yang menantang munculnya karya-karya baru baik yang autentik maupun
modifikasi.
7.
Mandiri
Sikap dan prilaku yang tidak mudah tergantung
pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
Indikator Sekolah
Menciptakan situasi sekolah yang membangun
kemandirian peserta didik.
Indikator Kelas
Menciptakan suasana kelas yang memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk bekerja mandiri.
8.
Demokratis
Cara berpikir, bersikap, dan bertindak yang
menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
Indikator Sekolah
a. Melibatkan warga sekolah dalam
setiap pengambilan keputusan.
b. Menciptakan suasana sekolah
yang menerima perbedaan.
c. Pemilihan kepengurusan OSIS
secara terbuka.
Indikator Kelas
a.
Mengambil
keputusan kelas secara bersama melalui musyawarah dan mufakat.
b.
Pemilihan
kepengurusan kelas secara terbuka.
c.
Seluruh
produk kebijakan melalui musyawarah dan mufakat.
d.
Mengimplementasikan
model-model pembelajaran yang dialogis dan interaktif.
9.
Rasa Ingin Tahu
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk
mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat, dan
didengar.
Indikator Sekolah
a. Menyediakan media komunikasi atau
informasi (media cetak atau media elektronik) untuk berekspresi bagi warga
sekolah.
b. Memfasilitasi warga sekolah untuk
bereksplorasi dalam pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya.
Indikator Kelas
a.
Menciptakan
suasana kelas yang mengundang rasa ingin tahu.
b.
Eksplorasi
lingkungan secara terprogram.
c.
Tersedia
media komunikasi atau informasi (media cetak atau media elektronik).
10.
Semangat
Kebangsaan
Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang
menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan
kelompoknya.
Indikator Sekolah
a. Melakukan upacara rutin sekolah.
b. Melakukan upacara hari-hari besar
nasional.
c. Menyelenggarakan peringatan hari
kepahlawanan nasional.
d. Memiliki program melakukan
kunjungan ke tempat bersejarah.
e. Mengikuti lomba pada hari besar
nasional.
Indikator Kelas
a.
Bekerja
sama dengan teman sekelas yang berbeda suku, etnis, status sosial-ekonomi.
b.
Mendiskusikan
hari-hari besar nasional.
11.
Cinta Tanah Air
Cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang
menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap
bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
Indikator Sekolah
a. Menggunakan produk buatan dalam
negeri.
b. Menyediakan informasi (dari
sumber cetak, elektronik) tentang kekayaan alam dan budaya Indonesia.
c. Menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar.
Indikator Kelas
a.
Memajangkan:
foto presiden dan wakil presiden, bendera negara, lambang negara, peta
Indonesia, gambar kehidupan masyarakat Indonesia
b.
Menggunakan
produk buatan dalam negeri.
12.
Menghargai
Prestasi
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya
untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, mengakui, dan
menghormati keberhasilan orang lain.
Indikator Sekolah
a. Memberikan penghargaan atas hasil
prestasi kepada warga sekolah.
b. Memajang tanda-tanda penghargaan
prestasi.
Indikator Kelas
a.
Memberikan
penghargaan atas hasil karya peserta didik.
b.
Memajang
tanda-tanda penghargaan prestasi.
c.
Menciptakan
suasana pembelajaran untuk memotivasi peserta didik berprestasi.
13.
Bersahabat/Komunikatif
Tindakan yang memperlihatkan rasa senang
berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
Indikator Sekolah
a. Suasana sekolah yang memudahkan
terjadinya interaksi antarwarga sekolah.
b. Berkomunikasi dengan bahasa yang
santun.
c. Saling menghargai dan menjaga
kehormatan.
d. Pergaulan dengan cinta kasih dan
rela berkorban.
Indikator Kelas
a.
Pengaturan
kelas yang memudahkan terjadinya interaksi peserta didik.
b.
Pembelajaran
yang dialogis.
c.
Guru
mendengarkan keluhan-keluhan peserta didik.
d.
Dalam
berkomunikasi, guru tidak menjaga jarak dengan peserta didik.
14.
Cinta Damai
Sikap, perkataan, dan tindakan yang
menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
Indikator
Sekolah
a.
Menciptakan
suasana sekolah dan bekerja yang nyaman, tenteram, dan harmonis.
b.
Membiasakan
perilaku warga sekolah yang anti kekerasan.
c.
Membiasakan
perilaku warga sekolah yang tidak bias gender.
d.
Perilaku
seluruh warga sekolah yang penuh kasih sayang.
Indikator Kelas
a.
Menciptakan
suasana kelas yang damai.
b.
Membiasakan
perilaku warga sekolah yang anti kekerasan.
c.
Pembelajaran
yang tidak bias gender.
d.
Kekerabatan
di kelas yang penuh kasih sayang.
15.
Gemar Membaca
Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca
berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
Indikator Sekolah
a. Program wajib baca.
b. Frekuensi kunjungan perpustakaan.
c. Menyediakan fasilitas dan suasana
menyenangkan untuk membaca.
Indikator Kelas
a.
Daftar
buku atau tulisan yang dibaca peserta didik.
b.
Frekuensi
kunjungan perpustakaan.
c.
Saling
tukar bacaan.
d.
Pembelajaran
yang memotivasi anak menggunakan referensi.
16.
Peduli
Lingkungan
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya
mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya dan mengembangkan
upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
Indikator Sekolah
a.
Pembiasaan
memelihara kebersihan dan kelestarian lingkungan sekolah.
b.
Tersedia
tempat pembuangan sampah dan tempat cuci tangan.
c.
Menyediakan
kamar mandi dan air bersih.
d.
Pembiasaan
hemat energi.
e.
Membuat
biopori di area sekolah.
f.
Membangun
saluran pembuangan air limbah dengan baik.
g.
Melakukan
pembiasaan memisahkan jenis sampah organik dan anorganik.
h.
Penugasan
pembuatan kompos dari sampah organik.
i.
Penanganan
limbah hasil praktik (SMK).
j.
Menyediakan
peralatan kebersihan.
k.
Membuat
tandon penyimpanan air.
l.
Memrogramkan
cinta bersih lingkungan.
Indikator
Kelas
a.
Memelihara
lingkungan kelas.
b.
Tersedia
tempat pembuangan sampah di dalam kelas.
c.
Pembiasaan
hemat energi.
d.
Memasang
stiker perintah mematikan lampu dan menutup kran air pada setiap ruangan
apabila selesai digunakan (SMK).
17.
Peduli Sosial
Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi
bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
Indikator Sekolah
a. Memfasilitasi kegiatan bersifat
sosial.
b. Melakukan aksi sosial.
c. Menyediakan fasilitas untuk
menyumbang.
Indikator Kelas
a.
Berempati
kepada sesama teman kelas.
b.
Melakukan
aksi sosial.
c.
Membangun
kerukunan warga kelas.
18.
Tanggung Jawab
Sikap dan perilaku seseorang untuk
melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri
sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan
Yang Maha Esa.
Indikator Sekolah
a. Membuat laporan setiap
kegiatan yang dilakukan dalam bentuk lisan maupun tertulis.
b. Melakukan tugas tanpa disuruh.
c. Menunjukkan prakarsa untuk
mengatasi masalah dalam lingkup terdekat.
d. Menghindarkan kecurangan dalam
pelaksanaan tugas.
Indikator Kelas
a. Pelaksanaan tugas piket secara
teratur.
b. Peran serta aktif dalam kegiatan
sekolah.
c. Mengajukan usul pemecahan masalah.
0 komentar:
Posting Komentar